Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Di Balik Kriuk dan Nikmatnya Jagung Goreng Timor, Ada Perjuangan dari Tante Deta Palbeno

Tante Deta Palbeno sedang menggoreng jagung bumbu udang.Dokumen Tafenpah
Penulis: Fredy Suni

KUPANG, Tafenpah.com - Bagi penikmat jagung goreng bumbu udang di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima pasti sudah mengenal sosok tanta Deta Palbeno.


Perempuan yang kini berusia 42 tahun ini dengan telaten mengolah jagung goreng bumbu udang yang sekali kunyah bisa membuat ketagihan penikmatnya di kota Kupang dan juga Kalimantan.


Akan tetapi, bagi sobat Tafenpah dan pembaca budiman di mana pun berada, sebelum kita berwisata kuliner khas Timor ini, alangkah lebih baiknya kita melihat pengolahan jagung goreng bumbu undang tersebut.

Proses penjemuran jagung sebelum digoreng.Dokumen Tafenpah

Hari ini, admin Tafenpah berkesempatan untuk mengikuti semua prosedur atau langkah-langkah pengolahan jagung goreng dari bahan mentah hingga dalam bentuk kemasan.


Let's check this out!


Pertama-tama jagung diambil dari kebun. Tentunya sebagai orang Timor atau umumnya masyarakat Indonesia pasti pernah berkebun. Karena filosofi negara kita itu adalah negara agraris atau bertani.


Setelah itu, jagung dibersihkan dan dimasak hingga benar-benar matang. Namun, prosesnya tidaklah mudah. Karena untuk memasak jagung tersebut, dibutuhkan beberapa jam dengan tungku api.


Mengapa harus menggunakan cara memasak tradisional? Karena jika jagung tersebut dimasak pakai kompor gas, tentunya akan memakan waktu yang sangat lama dan tidak menutup kemungkinan hasilnya tidak memuaskan.


Jadi, jalan alternatif yang tepat dan efektif adalah memasak jagung dengan cara tradisional.


Langkah yang berikutnya adalah jagung di jemur selama 2 hari. Proses ini butuh kesabaran. Karena cuaca di Nussa Tenggara Timur sedang dalam musim hujan.


Selepas jagung dijemur, langkah selanjutnya adalah memilih bumbu berupa lombok, bawang putih yang diracik sedemikian rupa sehingga akhirnya jagung siap di goreng.


Proses penggorengan memakan waktu sekitar 1 jam. Akan tetapi, sayangnya harga minyak goreng di kota Kupang masih terbilang tinggi.


Di mana toko-toko retail modern seperti Alfamart dan Indomart masih berkisar di RP. 20.000 - 30.000 per liter ada juga yang 1 jerigen mencapai Rp.50.000 meski pemerintah pusat sudah menggelontarkan dana triliunan rupiah untuk menekan harga minyak.


Tetapi, di lapangan masih ada saja oknum tertentu yang tidak mengindahkan perintah dari pemerintah pusat.


Setelah semua proses di atas di lalui, saatnya Tante Deta mengemasnya dalam bentuk bungkusan dan siap untuk dipasarkan kepada pelanggannya di kota Kupang.

Jagung goreng bumbu udang dalam bentuk kemasan.Dokumen tafenpah

Harga setiap bungkusan sangat bersahabat dan murah meriah, tergantung dari pemesanan. Saat ini, Tanta Deta belum bisa memasarkannya dalam bentuk toko online karena keterbatasan.


Cara penjualan yang selama ini jalankan oleh Tanta Deta adalah dari pintu ke pintu seperti seorang sales. Langkah ini terbilang sukses, karena kini semakin banyak pelanggan yang tertarik dengan jagung goreng bumbu udang milik Tanta Deta.


Namun, tidak menutup kemungkinan selama masa Pandemi, penjualan jagung goreng bumbu udang semakin menurun. Tentu saja dari sini, Tanta Deta mewakili penggiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) Indonesia  berharap pemerintah terus mendukung dengan berbagai kebijakan demi pertumbuhan ekonomi kreatif di tanah air.


Informasi Pemesanan:

Nomor WhatsApp: 081237854543

Facebook: Margaretha Palbeno


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

1 komentar untuk "Di Balik Kriuk dan Nikmatnya Jagung Goreng Timor, Ada Perjuangan dari Tante Deta Palbeno"

  1. Luar biasa usahanya kk ipar biar hujan pun dia tetap antar pesanan orang ...selamat ya kk atas niat dan usaha kecilnya tuhan memberkati

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya! | Terima kasih


Diperbolehkan mengutip tulisan dari Tafenpah tidak lebih dari 30%, dengan syarat menyertakan sumber | Mari, kita belajar untuk menghargai karya orang lain | Salam hangat