Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Riset Bagi Generasi Milenial

  

Ilustrasi gambar dari Katadata.co.id


Riset, motivasi dan tujuan hidup yang pasti, niscaya apa pun yang kita inginkan, pasti berada digenggaman tangan kita.


Sebelum menekuni salah satu bidang profesi di era digital, kita perlu mengadakan riset. Riset sebagai jembatan bagi kita untuk mengadakan penetrasi ke tengah kehidupan yang semakin pelik dan runyam. 


Eiiiiiits, pasti anda membanyangkan riset ilmiah yang rumit, kan? So, santai saja. Karena riset yang penulis ulik di sini adalah yang berkaitan dengan masalah remeh-temeh keseharain kita. Seperti; membaca buku, majalah, koran, baik secara konvensional (cetak) maupun yang berbasis digital (Virtual).


Kendati minat membaca kita kurang, tapi tak ada salah kok, bila kita mulai mengubah mindset/pikiran untuk membaca buku. Membaca adalah bagian riset yang paling efektif dan efesien bagi kita di era digital. 

Manfaat Riset

Kaya Informasi

Maxmanroe.com

Manfaat riset membaca bagi kita adalah mengumpulkan banyak informasi di lapangan. Semakin banyak kita membaca buku, semakin kaya perbendaharaan pola pikir kita untuk melihat, menata, merias setiap peluang yang ada di depan mata.

Informasi yang cukup sangat membantu kita untuk mengambil keputusan. Karena kita sudah memiliki segudang pijakan.

Menemukan Passion Baru

Tamasia.co.id

Riset membaca bisa menghasil passion baru dalam kehidupan kita. Misalnya, selama masa Pandemi, kita diharuskan untuk mengadakan kegiatan apapun dari rumah. Selama di rumah, tentu kita akan merasa bosan, bila kita hanya duduk, makan, nonton, galau, dll.

Nah, untuk mengakali atau menghilangkan rasa penat selama masa Pandemi, kita bisa kepoin grup – grup literasi yang bertebaran di media sosial. Semula kita akan merasa biasa saja. Tapi, semakin lama kita mengikuti caption yang diunggah oleh para penikmat literasi, kita akan mendapatkan insigt dari setiap postingan yang ada di grup literasi.


Lambat laun, pasti kita akan jatuh cinta dengan dunia literasi membaca. Cinta literasi akan membawa kita pada passion baru. Passion yang baru di dunia literasi akan menemani keseharian kita dalam menanti berakhirnya masa Pandemi Covid-19.

Menambah Relasi 

Rimma.co

Hobi dan minat yang sama di dunia literasi akan mewarnai kehidupan kita bersama orang lain. Menikmati dunia literasi akan membawa kita pada rekan, teman baru di suatu komunitas literasi. Di sana, kita akan memiliki peluang untuk menjalin relasi dengan siapa saja yang mencintai literasi. Syukur-syukur bila kita mendapatkan jodoh di dalam komunitas literasi.


Terakhir, kekayaan informasi, menemukan passion baru dan relasi yang luas akan membawa kita pada tujuan hidup kita.


Salam Tafenpah


Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News, NTTBANGKIT.COM. Pernah kuliah di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar DPD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Posting Komentar untuk "Manfaat Riset Bagi Generasi Milenial"