Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! Jadwal Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 di Kompleks KemendikbudRistek

Penulis: Frederikus Suni

kekayaan Budaya Nusantara. Sumber gambar:Wartapesonacom


Tafenpah.com - Seniman, intelektual, pegiat literasi digital, kreator konten, pelajar, mahasiswa, dan siapa saja yang menaruh minat terhadap kearifan lokal budaya nusantara, tentunya tak akan melewatkan kesempatan berharga di Kongres Kebudayaan Indonesia 2023.

Kongres Kebudayaan Indonesia ini akan berlangsung di Kompleks Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Menariknya, Kongres Kebudayaan Indonesia ini akan berlangsung selama 4 hari, yakni dari tanggal 23 - 27 Oktober 2023.

Lebih menakjubkan adalah Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 akan dimeriahkan oleh publik figur dan juga praktisi kebudayaan yang berjumlah 350 orang.

Nah, untuk lebih detailnya, silakan simak apa saja kegiatan yang akan dipentaskan dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2023.

Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 menghadirkan kurang lebih 50 sesi diskusi offline dengan berbagai format yang menarik.

Ada artist talk, book launch, keynote speech, diskusi panel, dan pidato kebudayaan.

Tak tanggung-tanggung, panitia penyelenggara Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 juga menghadirkan 350 narasumber yang sangat indpiratif.

Ke-350 narasumber ini akan mengangkat berbagai isu kebudayaan Indonesia secara mendalam dan holistik.

Untuk diketahui bersama, Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) akan memperluas cakupan pembahasan melalui berbagai sesi diskusi yang mencerminkan kompleksitas dan dinamika kebudayaan Indonesia dalam skala lokal dan global.

Isu kebudayaan yang sedang tren dan akan menjadi pembicaraan hangat dari para narasumber adalah inklusivitas dan kebebasan ekspresi, interaksi seniman dan hukum,  kebudayaan dan pendidikan, dan banyak lagi isu fundamental lainnya.

Konteks dan Latar Belakang KKI

Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 diselengggarakan dalam konteks peningkatan dan pembaharuan kebudayaan nasional.

Tentunya KKI berlandaskan pada UU No. 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, telah ada serangkaian upaya untuk mendorong perkembangan kebudayaan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Implementasi dan evaluasi terhadap dokumen strategi kebudayaan yang ditetapkan melalui Perpres No. 114 Tahun 2022, menjadi bagian penting dalam dinamika pemajuan kebudayaan di Indonesia.


Tujuan Kongres Kebudayaan Indonesia


KKI 2023 bertujuan untuk mengumpulkan aspirasi dari pemangku kepentingan dalam bidang kebudayaan untuk mendiskusikan praktik baik dan tantangan dalam implentasi strategi kebudayaan.

Kongres ini juga bertujuan untuk mendorong koordinasi yang lebih efektif antara pengambil kebijakan di tingkat pusat dan daerah dalam rangka mengakselerasi pemajuan kebudayaan.

Tujuan lain dari kongres inj juga sebagai wadah penjaringan aspirasi yang dapat menjadi bahan penyusunan Rencana Aksi Nasional Pemajuan Kebudayaan 2025 - 2029.

Pendaftaran

KKI 2023 mengundang partisipasi luas dari berbagai pemangku kepentingan kebudayaan, baik itu para pelaku, akademis, pengambil kebijakan, maupun masyarakat umum yang berkepentingan dalam pembaharuan dan pemajuan kebudayaan Indonesia.

Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk memberikan pemikiran, ide, dan kritikan yang membangun seputar kemajuan budaya Indonesia, silakan daftarkan dirimu melalui link di bawah ini!

https://bit.ly/registrasiKKI2023

Demikian informasi yang dapat dibagikan admin Tafenpah Group

Sumber; instagram @budayasaya
Instagram penulis: @suni_fredy
Youtube dan TikTok: Tafenpah Group


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Simak! Jadwal Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 di Kompleks KemendikbudRistek "