Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akankah Undangan PM India: Narendra Modi Dikabulkan Paus Fransiskus?

 



Pelukan hangat dari kedua pemimpin dunia, PM India Narendra Modi dan Paus Fransiskus. bbc.com

JAKARTA, TAFENPAH.COM - Disela-sela pertemuan KTT G20 di kota Roma, Italia, PM India, Narendra Modi mengundang pemimpin tertinggi umat kristiani, Paus Fransiskus untuk mengunjungi negaranya.


Sebagai representasi atau perwakilan dari rakyat India, Narendra Modi menaruh harapan besar untuk kedatangan Paus Fransiskus ke India. 


Mengingat, pada tahun 2017 silam, rencana kedatangan pemimpin tertinggi umat Kristiani itu batal. Gegara adanya miskomunikasi antara pemimpin Katolik India dengan pemerintahan. Akibatnya, kerinduan umat Kristen yang berjumlah 24 juta atau sekitar 2 % dari populasi India tidak terealisasi.


Kapan terakhir kali Paus berkunjung ke India? Salah satu Paus yang pernah mengunjungi India adalah Paus Yohanes Paulus II tahun 1999.


Mengapa Narendra Modi mengharapkan kedatangan Paus ke India? Karena kekhawatiran adanya diskriminasi dan kekerasan terhadap minoritas agama di India.


Selain itu partai Narendra Modi, BJP telah dituduh mengejar identitas dan pro – Hindu. Akan tetapi, Narendra mengatakan itu tidak benar!


Dilansir dari British Broadcasting Corporation (bbc.com) salah satu sumber yang sengaja tak disebutkan namanya membantah pernyataan tersebut. Karena  kedua figur publik itu tidak membicarakan isu-isu agama! Melainkan keduanya terlibat dalam pembicaraan untuk mengatasi kemiskinan dan perubahan iklim.”


Entah, seperti apakah kisah selanjutnya dari pertemuan kedua figur publik tersebut, sebagai pembaca yang berjiwa nilai humanisme global, kita berharap undangan Narendra Modi bisa direalisasikan oleh Paus pada agenda perjalanan kepausan di episode yang akan datang.








Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News, NTTBANGKIT.COM. Pernah kuliah di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar DPD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Campus Ambassador Internasional at MUN

Posting Komentar untuk "Akankah Undangan PM India: Narendra Modi Dikabulkan Paus Fransiskus?"